Director: Dan Gilroy
Restricted, 1hr 57m
Kebanyakan orang tidak tahu apa
yang mereka inginkan dalam hidup mereka. Kebanyakan orang tidak tahu apa yang
harus dilakukan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Lebih banyak lagi
orang yang tidak tahu kapan dan kepada siapa harus bersikap sopan, rendah hati,
kasar, sombong atau sabar. Dan hampir semua orang tidak mau tahu betapa annoying-nya
setiap individu manusia dan apa yang terjadi dalam pikiran mereka pada dasarnya
adalah satu: egois. Lou Bloom, mungkin tahu semua hal itu
Kenyataan bahwa media dan audiens
adalah sama-sama orang sakit dimana berita buruk, terutama yang berdarah,
merupakan salah satu konsumsi favorit terlepas dari apapun yang mendasarinya. Tentu
hal itu sudah sering diangkat dan dibicarakan, dengan segala pesan judgemental
dan naif untuk kita semua. Namun tidak dalam Nightcrawler.
Ketika sebuah kecelakaan terjadi
apa yang harus anda lakukan? Wrong! Kita belum menentukan siapa anda
disana. Jika seorang polisi, tentu memberikan bala bantuan adalah hal yang
paling utama. Begitu juga jika anda seorang tetangga yang baik atau manusia
yang kebetulan lewat dan mempunyai prinsip bahwa sesama manusia harus
membantu. Tetapi jika anda seorang
reporter, segera ambil kamera dan cari sudut yang tepat untuk mulai merekam!
Fokus sepanjang cerita adalah Lou
Bloom, seorang pria yang punya kemampuan persuasif dalam setiap katanya yang
bisa saja menarik setiap lawan bicaranya ke dalam sarangnya. Ia hidup sendirian,
dan mencuri apapun yang bisa ia curi didekatnya. Dalam keadaan tak jelas seperti
itu ia menemukan satu kenyataan dan juga kesempatan, bahwa berita buruk adalah
barang jualan yang menguntungkan, dan bisa didapat dimana saja secara cuma-cuma.
Agak berbeda dari peran-peran
sebelumnya Jake Gyllenhaal tampil sebagai pria creepy penuh misteri.
Detektif, polisi, koboy homoseksual, sales obat dan dosen sejarah memang pernah
ia bawakan dengan sukses namun penampilannya kali ini termasuk salah satu yang
terbaik dalam karirnya sejauh ini. Kehadirannya di setiap adegan meneror kita
dengan unik, bahkan saat dibuat tertawa pun jauh didalam hati kita tahu ada
yang salah disana.
Scoring di film ini agak
nyeleneh dari biasanya. Ketika orang-orang mengandalkannya untuk memperkuat
suatu adegan dan suasana yang sedang berlangsung, mereka menggunakannya untuk
tujuan yang sebenarnya: menyampaikan apa yang sebenarnya terjadi. Ketika anda
memindahkan satu mayat segar di sebuah kecelakaan mobil hanya demi mendapatkan angle
yang tepat, bukan ketegangan dan perasaan ngeri yang dihadirkan melainkan
itu adalah suatu keberhasilan dimana anda telah berhasil membuat rekaman dengan
sinematografi yang bagus. Ada yang salah? Anda takkan merasakannya.
In the end of the day, Nightcrawler merupakan salah satu
tontonan menyegarkan di tengah gempuran produk basi akibat dari krisis ide
orang Hollywood dan selera penonton kebanyakan yang juga mendukungnya. Cerita
fresh dan original dengan penampilan Jake Gyllenhaal yang mempesona hasil
naskah (yang jika anda sudah menontonnya dan menyadarinya, ditulis dengan licik)
dan arahan sutradara Dan Gilroy, adalah sebuah tontonan yang mungkin sudah lama
tidak anda temukan di bioskop jaman sekarang. Tak perlu banyak yang harus
dibicarakan lagi, agar tidak terlalu mengotori perjalanan anda nanti sebaiknya
segeralah tonton dan rasakan.
Tidak ada yang benar atau salah. You
just got to find a perfect angle.
My Score: 8.5/10
My Score: 8.5/10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar